Jumat, 29 Oktober 2010

Kelebihan Wi-Fi

Pada saat-saat ini Wi-Fi memberikan beberapa keunggulan. Salah satu yang paling menonjol adalah kemudahan untuk mengaksesnya. Dengan membawa PDA (Pocket Digital Assistance) atau komputer/laptop yang berkemampuan Wi-Fi dapat mengakses internet di tempat yang terdapat access point atau hotspot dan para pengguna dapat menggunakan secara bersamaan tanpa diperlukan kabel. Dan keunggulan lainnya adalah biaya pembangunannya yang relatif murah. Karena keunggulan-keunggulan inilah yang mendorong Internet Service Providers (ISP) membangun hotspot di kota-kota besar. Pengamat-pengamat telah memprediksikan pada tahun 2006 akan terdapat hotspot sebanyak 800.000 di Eropa, 530.000 di AS dan 1.000.000 hotspot di negara Asia.
Berikut adalah kelebihan-kelebihan lainnya dari Wi-Fi :

Membolehkan LANs untuk menyebarkan tanpa kabel, mengurangi kekuatan dari harga jaringan perluasan dan penyebaran. Tempat dimana kabel tidak dapat dijalankan, seperti tempat terbuka dan sejarah gedung, dapat host wireless LANs.

Produk Wi-Fi dapat diperluas di pasar. Berbeda jenis dari akses point dan jaringan
interface klien interoperable di sebuah level dasar dari layanan.

Jaringan Wi-Fi mendukung roaming, dimana sebuah mobile client station seperti sebuah laptop komputer dapat pindah dari satu akses point ke lainnya seperti pengguna pindah disekeliling sebuah gedung atau area.

Wi-Fi adalah global set dari standar. Tidak seperti selular carries, Wi-Fi client bekerja di kota yang berbeda diseluruh dunia

Kekurangan Wi-Fi
Kekurangan Wi-Fi hanya infrastruktur, Wi-Fi hanya bisa di akses di tempat-
tempat tertentu saja. Untuk di Indonesia, infrastuktur Wi-Fi sepertinya dihalangi oleh

birokrasi. Banyak pihak-pihak yang akan mengalami kerugian besar apabila infrastruktur
Wi-Fi dibangun meluas.

Keuntungan Menggunakan Wi-Fi
Dengan menggunakan fasilitas Wi-Fi, perusahaan-perusahaan menengah dan besar dapat meningkatkan efektifitas dalam memperoleh data-data terkini dengan menggunakan akses internet. Fasilitas Wi-Fi juga menawarkan efisiensi dalam kemudahan komunikasi antar departemen-departemen di dalam sebuah perusahaan, walaupun harga yang ditawarkan tidaklah murah. Keuntungan lainnya adalah Wi-Fi menawarkan konsep fleksibilitas. Sebagai contoh, seseorang yang sedang berada di kedai kopi ataupun di airport dapat mengerjakan tugas nya dengan menggunakan akses Wi-Fi. Sebagai tambahan, pengguna Wi-Fi juga dapat mengadakan ‘meeting’ dengan para karyawan-karyawannya di sebuah perusahaan melalui internet.
Kerugian Menggunakan Wi-Fi
Salah satu kerugian dalam menggunakan Wi-Fi adalah biaya yang sangat mahal
dalam menginstalasi akses point untuk Wi-Fi atau juga disebut Hot Spot. Biaya-biaya
untuk memasang komponen-komponen Wi-Fi adalah tiga atau empat kali lebih mahal
daripada instalasi wired LAN.

Kelebihan Serat Optik
Dalam penggunaan serat optik ini, terdapat beberapa keuntungan antara lain[3] :
1. Lebar jalur besar dan kemampuan dalam membawa banyak data, dapat memuat kapasitas informasi yang sangat besar dengan kecepatan transmisi mencapai gigabit-per detik dan menghantarkan informasi jarak jauh tanpa pengulangan
2. Biaya pemasangan dan pengoperasian yang rendah serta tingkat keamanan yang lebih tinggi
3. Ukuran kecil dan ringan, sehingga hemat pemakaian ruang
4. Imun, kekebalan terhadap gangguan elektromagnetik dan gangguan gelombang radio
5. Non-Penghantar, tidak ada tenaga listrik dan percikan api
6. Tidak berkarat

Kerugian dari serat optic
adalah serat optic merupakan teknologi yang masih asing yang memerlukan keterampilan tinggi yang masih jarang dimiliki teknisi-teknisi saat ini. Karena transmisi optis memiliki sifat unidirectional, komunikasi dua arah memerlukan dua serat atau dua pita frekuensi pada satu serat, dan juga interface serat jauh lebih mahal dibandingkan dengan interface elektris. Meskipun demikian karena bentuk fisiknya maka jaringan ini tidak bisa dibandingkan dengan jaringan transmisi nirkabel seperti wireless karena pengunaan kabel ini hanya pada area yang terbatas saja jadi untuk pengguna bergerak seperti ini, twisted pair, coax, dan serat optic tidak ada manfaatnya, selain itu kelemahan dari fiber optic ini adalah harganya yang sampai saat ini masih relatif mahal baik kisaran harga kabel itu sendiri maupun biaya pemasangaannya.

cara kerjanya satelit
Satelit internet tidak menggunakan saluran telepon atau sistem kabel, melainkan menggunakan parabola untuk komunikasi data dua arah. Sambungan ke satelit tidak cukup secepat internet kabel atau layanan DSL tetapi ketika anda mendapatkan kecepatan tinggi akses internet satelit, layanan ini berkali-kali lebih cepat daripada dial up.

Berikut adalah cara kerja internet satelit:

Seorang dua arah parabola diinstal. Piring satelit memiliki hidangan yang adalah sekitar dua kaki dan memiliki uplink modem, sebuah downlink modem. Dua piring modem dan tersambung dengan kabel koaksial. Instalasi satelit membutuhkan satelit memiliki pandangan yang jelas ke langit selatan sebagai satelit yang memberikan internet hampir semua di atas khatulistiwa. Piring satelit menggunakan teknologi multicasting IP yang berarti bahwa satu satelit dapat melayani hingga lima ribu saluran komunikasi. Sistem ini mengirimkan data dari satelit tunggal ke berbagai titik (satelit yang mengorbit bumi) pada waktu yang sama.

Kelebihan dari satelit Layanan Internet

* Bahkan orang-orang yang tinggal di daerah-daerah di mana internet dial up tidak mungkin mungkin dapat menggunakan kecepatan tinggi layanan internet satelit

* Satelit layanan Internet terjangkau-sering lebih murah daripada jenis lainnya koneksi internet kecepatan tinggi

* Satelit layanan internet tersedia di mana-mana di Continental Amerika Serikat.

* Kecepatan koneksi berkecepatan tinggi layanan internet satelit jauh lebih cepat daripada dial up.

* Ada hampir tidak ada batas maksimal upload dan download dari internet karena terdapat begitu banyak titik kontak.

Kontra dari satelit Layanan Internet

* Hal ini dapat diperlambat oleh kondisi cuaca (seperti satelit televisi)

* Tergantung pada kecepatan tinggi satelit penyedia layanan internet mungkin Anda masih perlu untuk dapat dial up ke internet (meskipun mereka menjadi langka)

Instalasi sedikit lebih tangguh daripada internet kabel atau DSL Jadi, harus Anda mendapatkan kecepatan tinggi satelit layanan internet? Nah, yang benar-benar tergantung pada keadaan Anda dan anggaran Anda. Jika Anda tinggal di daerah di mana internet kabel tidak tersedia, itu jelas pilihan yang lebih baik untuk internet dari dial up. Bahkan mungkin satu-satunya pilihan untuk menerima layanan Internet di rumah Anda jika Anda tinggal di negara ini. Hampir di mana saja di daratan Amerika Serikat yang memiliki pandangan yang jelas ke arah selatan dapat membawa anda dengan kecepatan tinggi dan layanan internet satelit dengan penerima satelit dua arah, Anda tidak perlu khawatir tentang perlambatan kecepatan jika sekelompok orang lain menggunakan internet pada saat yang sama Anda.

Berkecepatan tinggi satelit layanan internet adalah cara terbaik untuk mendapatkan internet kecepatan tinggi di lokasi yang mungkin biasanya tidak bisa internet sama sekali.

Kelemahan Komunikasi satelit diantaranya:
1. Delay propagasi besar
2. Rentan terhadap pengaruh atmosfir
3. Up Front Cost tinggi, contoh untuk satelit GEO: Spacecraft, Ground
Segment & Launch = US $ 200 juta, Asuransi: $ 50 juta
4. Distance Insensitive, artinya biaya yang diperlukan hampir sama untuk
membuat suatu link komunikasi satelit jarak dekat dan link komunikasi
satelit jarak jauh. Jadi, sistem komunikasi satelit ekonomis hanya jika
sistem ini digunakan kontinyu dalam waktu yang lama dan meng-handle
banyak user.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar